All for Joomla All for Webmasters
Loading Event

« All Event

  • This event has passed.

PELATIHAN KEGAWAT DARURATAN BAYI BARU LAHIR DI RSUD JOMBANG

Desember 13, 2016 @ 8:00 am - Desember 14, 2016 @ 5:00 pm

PENDAHULUAN

Rumah Sakit Umum Daerah Kab.Jombang merupakan pusat layanan rujukan di kabupaten Jombang dan sekitarnya. Sesuai visi dan misinya adalah bertujuan untuk memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai standar baik sarana prasarananya serta SDM nya dan memenuhi kaidah-kaidah keselamatan pasien.

Di Indonesia angka kesakitan dan kematian ibuhamil, melahirkan dan bayi masih tinggi jikadibandingkan dengan Negara maju. Masalah inierat hubunganya dengan enam kejadiantersering yaitu hipertensi, perdarahan, kelainandarah, infeksi, kelainan kardiovaskuler, anomalidan abnormalitas. Hal ini juga berhubungan eratdengan faktor antenatal care, system rujukandan saranaprasarana. Kematian ibu dan bayi inisering kali juga diakibatkan oleh kegagalandalam mengenali dan menangani keadaangawat darurat pada saat hamil, melahirkan dansetelah melahirkan.Seperti kita ketahui bahwa Angka Kematian Ibu(AKI) dan Angka Kematian Neonatal (AKN) diIndonesia masih tertinggi diantara negaraASEAN dan penurunannya sangat lambat.Kematian bayi baru lahir umumnyadapat dihindari penyebabnya seperti BeratBadan Lahir Rendah (40,4%),asfiksia (24,6%) dan infeksi (sekitar 10%).Hal tersebut kemungkinan disebabkan olehketerlambatan pengambilan keputusan,merujuk dan mengobati. Sedangkan kematianibu umumnya disebabkan perdarahan (25%),infeksi (15%), preeklampsia / eklampsia (15%),persalinan macet dan abortus. Mengingatkematian bayi mempunyai hubungan eratdengan mutu penanganan ibu, maka prosespersalinan dan perawatan bayi harus dilakukandalam sistem terpadu di tingkat nasional danregional.Saat ini Bidan merupakan ujung tombak dalammemberikan pelayanan kepada ibu hamil,melahirkan, paska melahirkan dan bayi yang barulahir. Hal ini karena bidan bekerja bukan saja dirumah sakit dan puskesmas, tetapi jugalangsung berada ditengah-tengah masyarakat danberada di garis depan pelayanan.

Dalam memberikan pelayanan seringkali bidanmenghadapi keadaan darurat yang mengancamkeselamatan jiwa ibu dan bayinya. Oleh karenaitu penting sekali agar petugas mampu mengenalikeadaan darurat yang dihadapinya danmemberikan penanganan yang cepat dan tepatuntuk mencegah kematian ibu dan bayinya

TUJUAN

  1. Memahami prinsip-prinsip penanganan gawat daruratumum neonatus.
  2. Memahami aspek etik dan legal dalamkegawatdaruratan.
  3. Mampu mengenali dan melakukan penilaian kondisikegawatdaruratan yang mengancam nyawa pada bayi baru lahir.
  4. Mampu menangani dan memberikan pertolongansecara cepat dan tepat dalam rangka
  5. Menyelamatkanjiwa penderita. (Life Saving).
  6. Memperhatikankeselamatanpasien

MATERI

  1. Introduction & Course Review
  2. Airway & Breathing Management
  3. Cardio Pulmonary Resuscitation [CPR]
  4. Infant CPR
  5. Neonatal Aspixia (Resuscitation)
  6. Neonatal Emergency Management
  7. Pre and Post Test
  8. Skill Tes

METODE
Ceramah
Latihan
Diskusi
Skill

Detil

Mulai:
Desember 13, 2016 @ 8:00 am
End:
Desember 14, 2016 @ 5:00 pm

Venue

Bung Hatta