All for Joomla All for Webmasters
    • 29 NOV 16
    • 0
    JALAN BARENG KELUARGA BESAR  RSUD KAB JOMBANG

    JALAN BARENG KELUARGA BESAR RSUD KAB JOMBANG

    RSUD Kab Jombang dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tahun 2016 dengan tema : INDONESIA CINTA SEHAT dengan Sub Tema : MASYARAKAT HIDUP SEHAT, INDONESIA KUAT, mengadakan jalan sehat bersama keluarga karyawan/karyawati pada hari minggu tgl 27 Nopember 2016. Pada kegiatan kali ini, disamping memperingati HKN juga memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember dan juga memperingati hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November.

    dsc_0129 dsc_0078

    Harapan diperingatinya Hari AIDS Sedunia adalah supaya kita sendiri memiliki kesadaran untuk berusaha menghindar dari penyakit yang mematikan ini, dan berupaya menjaga agar keluarga kita, teman, tetangga, dan seluruh saudara sebangsa kita tidak terjangkiti HIV/AIDS. Serta menunjukkan kepedulian kepada para penderita HIV/AIDS. Sebab mereka bagian dari kita juga dan tidak semua penderita adalah pelaku.

    Hari Diabetes diperingati karena Diabetes kian hari kian menjadi salah satu penyakit non infeksi yang mengancam penduduk dunia setelah penyakit infeksi mulai berkurang jumlahnya.

    Peningkatan jumlah penderita diabetes dunia disebabkan karena bergesernya pola makan dan pola hidup sebagian besar masyarakat dunia dari yang banyak bergerak menjadi cenderung pasif. Dari yang lebih banyak mengonsumsi makanan sehat ke makanan instan yang penuh dengan lemak, garam, gula dan zat pengawet lainnya.

    Perubahan pola hidup dan pola makan ini menyebabkan jumlah penduduk yang mengalami kelebihan berat badan/kegemukan menjadi meningkat pesat. Kita tahu, kegemukan adalah salah satu faktor risiko utama terjadinya penyakit diabetes melitus.

    Melihat fenomena ini, mari kita bersama sama meningkatkan kewaspadaan terhadap diabetes melitus dengan senantiasa mengubah pola hidup dan pola makan ke arah yang lebih sehat sehingga risiko menderita diabetes melitus berikut komplikasinya bisa diturunkan.

    Untuk itu, perlu adanya sebuah gerakan untuk mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Langkah Promotif dan preventif merupakan upaya yang sangat efektif untuk mencegah tingginya kesakitan dan kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Penyakit Menular (PM). Bahwa pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif. Karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini hingga lanjut usia harus cinta sehat.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply